Sunday, December 30, 2012

MANFAAT TIDUR MENGHADAP KE KANAN (SUNAH RASULULLAH SAW)


Rasulullah SAW bersabda:
"Jika kamu bergegas menuju tempat tidurmu, berwudhulah seperti wudhu untuk shalat kemudian berbaringlah miring ke kanan seraya mengucapkan, 'Ya Allah, aku serahkan diriku kepada-Mu. Aku limpahkan urusanku kepada-Mu. Aku minta perlindungan tubuhku kepada-Mu karena cinta dan rasa takutku kepada-Mu, tidak ada tempat kembali dan tidak pula keselamatan dari kemurkaan-Mu kecuali kepada-Mu. Aku beriman kepada kitab-Mu yang telah Engkau turunkan dan kepada nabi-Mu yang telah Engkau utus.' Jika kamu mati pada malam tersebut, kamu mati dalam keadaan suci. Karena itu, jadikanlah doa tersebut sebagai kalimat terakhir yang kamu ucapkan."
(Hr. Asy-Syaikhan)

Berikut ini adalah manfaat tidur menghadap ke kanan dari segi kesehatan: 
  1. Mengistirahatkan otak kiri. Pada dasarnya, otak manusia dibagi menjadi dua bagian yaitu otak kiri dan otak kanan. Otak kanan bertugas mempersarafi organ tubuh sebelah kiri, begitu juga sebaliknya. Dalam keseharian, kita sering menggunakan organ tubuh sebelah kanan. Dengan tidur miring ke kanan, maka gantian otak kiri yang mensarafi organ tubuh sebelah kanan. Dan ini dapat menghindarkan diri dari bahaya penyakit seperti pengendapan pembekuan darah, lemak, asam sisa oksida, dan penyempitan pembuluh darah.
  2. Mengurangi baban jantung. Dengan posisi miring ke kanan saat tidur dapat membuat darah terdistribusi secara merata dan terkonsentrasi ke tubuh bagian kanan. Hal ini membuat aliran darah yang masuk dan keluar jantung lebih melambat sehingga denyut jantung lebih lambat dan tekanan darah akanmenurun. Tidur miring ke kanan membuat jantung tidak tertimpa organ lain karena posisi jantung lebih condong ke sebelah kiri.
  3. Mengistirahatkan lambung. Apabila seseorang tidur dengan posisi miring ke kiri dapat menyebabkan chime (makanan yang dicerna lambung yang bercampur asam lambung) akan terganggu dan akan memperlambat proses pengosongan lambung.
  4. Mencegah batu kantung empedu. Dengan tidur miring ke kanan menyebabkan aliran chiem lancar sehingga cairan empedu meningkat. Hal ini dapat mencegah batu kantung empedu.
  5. Meningkatkan waktu penyerapan gizi. Saat tidur akan terjadi pergerakan usus yang meningkat. Dengan posisi tidur miring ke kanan akan membuat perjalanan makanan yang tercerna lebih lama, sehingga penyerapan sari makanan lebih optimal.
  6. Merangsang buang air besar. Dengan tidur miring ke kanan akan membuat proses pengisian usus besar lebih cepat penuh sehingga merangsang gerak usus besar dan relaksasi dari otot anus. Ini akan merangsang untuk buang air besar.
  7. Mengistirahatkan kaki kiri. Dalam aktivitas keseharian, kita cenderung menggunakan kaki sebagai pusat pembeban sehingga kaki cepat merasa pegal. Dengan tidur miring ke kanan akan membantu pengosongan vena kaki kiri sehingga rasa pegal cepat hilang.
  8. Menjaga kesehatan paru-paru. Paru-paru kanan lebih besar daripada paru-paru kiri. Saat tidur miring ke kanan, jantung juga akan condong ke kanan. Hal ini tidak masalah karena jantung akan menekan paru-paru kanan yang ukuranya lebih besar
  9. Menjaga saluran pernafasan. Dengan tidur miring kekanan, akan mencegah jatuhnya pangkal lidah yang dapat mengganggu saluran pernafasan.
Subhanallah...
Selalu tersimpan hikmah yang baik, atas setiap perintah/ ajaran Rasullulah SAW. ^_^
0 Comments
Komentar

0 comments:

Post a Comment