Friday, January 18, 2013

SEMANGAT BEKERJA, INGAT "5T"

Tujuan jelas. "Tidak ada kapal yang berlayar kecuali sudah sangat jelas tujuannya". Kalimat bijak ini mengandung makna bahwa tujuan yang tidak tercapai bukanlah masalah dalam hidup. Yang menjadi masalah kehidupan adalah orang yang tidak mempunyai tujuan dalam hidupnya. Tujuan jelas memberikan sumber energi, pemberi kekuatan dalam kehidupan.

Tekad sangat kuat. Yang paling penting dalam pertandingan bukan menangi, tetapi ikut ambil bagian dalam pertandingan itu. Yang paling penting dalam hidup bukan menaklukkannya, tetapi memiliki tekad kuat untuk mampu berjuang keras.

Teman sehati sevisi. "Seseorang itu adalah mengikut agama temannya, oleh karena itu hendaklah seseorang  meneliti siapa yang menjadi temannya." (hadis riwayat Abu Daud). Dari sekian banyak teman, pilih teman yang semangat, jujur, tulus, maka kita akan terbawa baik.

Terus menerus mengasah dan mencoba. Sukses diraih oleh mereka yang terus menerus berusaha dengan sikap mental positif. Kegagalan dalam kehidupan adalah orang-orang yang tidak menyadari betapa dekatnya dia dengan kesuksesan ketika mereka berhenti.

Tawakal di setiap saat dan tempat Ibnu Qoyim al-Jauzi mengatakan bahwa tawakal merupakan amalan dan ubudiyah (penghambaan) hati dengan menyandarkan segala sesuatu hanya kepada Allah. Tsiqah (percaya) terhadap-Nya dan ridha atas sesuatu yang menimpa dirinya. Ini dilandaskan keyakinan bahwa Allah akan memberikan segala 'kecukupan' bagi dirinya.

Selain itu, banyak sekali hadis yang menginformasikan keutamaan dan semangat untuk bekerja, di antaranya: "Mencari rezeki yang halal adalah wajib sesudah menunaikan yang fardhu (seperti salat, puasa, dan lain-lain)." (HR. ath-Thabrani dan al-Baihaqi).


-H. Abdurrahman Yuri RG-
0 Comments
Komentar

0 comments:

Post a Comment